Memori atom tunggal, media penyimpanan terkecil di dunia

Di menarik 27 views
Zonacerdas.net – Satu bit informasi digital sekarang dapat berhasil disimpan dalam sebuah atom. Hasil ini merupakan terobosan dalam miniaturisasi media penyimpanan dan memiliki potensi sebagai dasar untuk komputasi kuantum.

Satu bit informasi digital sekarang dapat berhasil disimpan dalam sebuah atom individu, menurut sebuah studi yang dipublikasikan di Nature.  Perangkat memori magnetik saat ini membutuhkan sekitar satu juta atom untuk melakukan hal yang sama. Andreas Heinrich, baru diangkat menjadi Direktur Pusat Quantum nanosains, dalam Institut Sains Dasar (IBS, Korea Selatan), memimpin upaya penelitian yang membuat penemuan ini di IBM Almaden Research Center (USA). Hasil ini merupakan terobosan dalam miniaturisasi media penyimpanan dan memiliki potensi sebagai dasar untuk komputasi kuantum.

Memori atom tunggal, media penyimpanan terkecil di dunia
Via Nanowerk

Disk dilapisi dengan lapisan magnet logam memungkinkan komputer kita untuk menyimpan file dalam bentuk bit, masing-masing dengan nilai 1 atau 0. arah tertentu dari magnetisasi sesuai dengan 0 bit, arah lain ke 1 bit. Sementara saat ini daerah kecil dari disk, dari sekitar satu juta atom, sesuai dengan setiap bit digital informasi, penelitian ini jauh melampaui dan dimanfaatkan dalam jumlah terkecil dari materi yang dapat digunakan untuk tujuan satu atom.

Dalam penelitian ini, para ilmuwan bekerja dengan alat yang disebut Scanning Tunneling Microscope (STM), yang memiliki tip khusus yang memungkinkan pengguna untuk melihat dan memindahkan atom individu, serta untuk menerapkan sebuah pulsa arus listrik kepada mereka. Mereka menggunakan pulsa listrik ini untuk mengubah arah magnetisasi atom holmium individu. Dengan melakukan itu, tim bisa menulis memori 1 atau 0 dalam atom holmium tunggal maupun swap dua.

Sebuah sensor kuantum, dirancang oleh tim Heinrich dan saat ini yang unik di seluruh dunia, digunakan untuk membaca memori yang tersimpan dalam atom holmium. Ini terdiri dari sebuah atom besi ditempatkan di samping atom holmium. Dengan menggunakan teknik ini, serta satu lagi, yang disebut terowongan magnetoresistance, para peneliti bisa mengamati bahwa holmium mempertahankan negara magnetik yang sama secara stabil selama beberapa jam.

Kemudian, ketika tim Heinrich peneliti mencoba menggunakan dua atom holmium bukan satu, mereka membuat penemuan mengejutkan lain. Menempatkan atom holmium bahkan satu nanometer terpisah tidak mempengaruhi kemampuan mereka untuk menyimpan informasi secara individual. Ini datang sebagai kejutan, karena itu diharapkan bahwa medan magnet dari satu atom akan berdampak tetangganya. Untuk menempatkan skala ini dalam perspektif, jika nanometer diledakkan dengan diameter rambut manusia yang khas, rambut akan memiliki diameter setara dengan panjang bus sekolah dibandingkan.

Dengan cara ini, para ilmuwan bisa membangun sebuah perangkat dua bit dengan empat kemungkinan jenis memori: 1-1, 0-0, 1-0 dan 0-1 jelas dibedakan oleh sensor besi.

Baca juga: Mengetahui hp yang sedang disadap

Hukum Moore memprediksi bahwa jumlah data yang dapat disimpan pada microchip akan berlipat ganda setiap 18 bulan dan memang ini terjadi selama beberapa dekade. Perangkat elektronik terakhir Model selalu lebih kecil dan lebih kuat dari yang sebelumnya. Namun, sebagai perangkat menjadi lebih kecil dan lebih kecil, karena atom begitu dekat satu sama lain, sifat campur kuantum baru mulai terwujud dan menyebabkan masalah. Ketidakmungkinan menjaga dengan miniaturisasi lebih lanjut, membawa ahli untuk berbicara tentang kematian Hukum Moore.

Menariknya, atom holmium tampaknya menghindari nasib ini, untuk alasan masih belum diketahui. “Tidak ada efek mekanika kuantum antara atom holmium. Sekarang kita ingin tahu mengapa,” menunjukkan Heinrich. atom Holmium dapat diatur sangat erat bersama-sama, sehingga kepadatan penyimpanan menggunakan teknik single-atom ini bisa menjadi sangat tinggi. Dia melanjutkan: “Kami telah membuka kemungkinan baru untuk nanosains kuantum dengan mengendalikan atom individu tepat seperti yang kita inginkan, penelitian ini dapat memacu inovasi dalam media penyimpanan komersial yang akan memperluas kemungkinan miniaturisasi penyimpanan data..”

Heinrich adalah salah satu dari sedikit ilmuan di dunia menggunakan alat ini untuk mengukur dan mengubah sifat atom individu. Ia berencana untuk secara signifikan memperluas penelitian baru ini dibuat pada pusat penelitian IBS nya, terletak di Ewha Womans University di Seoul.

Demikianlah artikel tentang penyimpanan terkecil didunia, terimakasih sudah membaca artikel kami. Semoga bermanfaat, jika ada pertanyaan lebih lanjut kalian bisa meninggalkan komentar di bawah ini.
author
Penulis: 
Menulis untuk berbagi, berbagi untuk ibadah. Memberikan edukasi tentang informasi menarik, ilmu umum dan khusus, teknologi, tips dan trik, dan review gadget.
10 aplikasi sms keren android
10 aplikasi sms keren android
ZonaCerdas.net – Pesan teks atau SMS masih
Alternatif pembayaran online selain Paypal
Alternatif pembayaran online selain Paypal
ZonaCerdas.net – Sekarang ini setiap orang di seluruh
6 Layanan file hosting gratis terbaik
6 Layanan file hosting gratis terbaik
ZonaCerdas.net – Di sini saya akan menyajikan
6 emulator android terbaik
6 emulator android terbaik
ZonaCerdas.net – Berikut ini saya akan menyajikan salah

Tinggalkan pesan "Memori atom tunggal, media penyimpanan terkecil di dunia"

Baca Juga×

Top