Aplikasi Ketix Ganti Facebook, Serius ?

Di Berita 61 views
Aplikasi Ketix Ganti Facebook, Serius ?
Aplikasi Ketix Ganti Facebook, Serius ?

Zonacerdas.net – Ketix Ganti Facebook, hal itu disampaikan oleh Dewa Eka Prayoga yang menjabat sebagai Co-Founder aplikasi Ketix. Dikutip dari Republika, pernyataan kesiapan aplikasi Ketix sebagai pengganti Facebook disampaikan oleh pakar digital marketing terkenal itu melalui postingan Facebook pribadinya. Serontak netizen memberikan komentar pada postingan tersebut, ada yang mengucapkan selamat, menyampaikan harapan, dan netizen yang khawatir kalau kang Dewa Eka Prayoga dijadikan menteri oleh pemerintah.

Viktor Bungtilu Laiskodat diberitakan (melalui TribunNews) telah menyampaikan pesan kepada menteri baru Kominfo untuk menutup jejaring sosial bernama Facebook. Pesan disampaikan mengingat Indonesia harus memiliki aplikasi media sosial sendiri seperti hal nya China yang punya Weibo. Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) tersebut menyampaikan penutupan Facebook tersebut berupa pemblokiran akses terhadap Facebook untuk di Indonesia.

Baru Dilantik, Johnny Plate yang merupakan kader partai Nasdem tersebut mendadak viral setelah mendapatkan titipan pesan dari Viktor Bungtilu Laiskodat, tentunya mengenai penutupan akses Facebook. Pada Kamis 24 Oktober 2019 lalu telah terjadi pertemuan antara Menteri Kominfo baru dengan ribuan kepada Desa, Camat, dan Bupati Se-NTT di Gelanggang Olahraga Kota Kupang.

Ketix Ganti-in Facebook?

Dikutip dari Republika, kang Dewa menyampaikan pandangannya tentang isu penutupan Facebook melalui postingan Facebook nya, yang menulis:

Aplikasi Ketix Ganti Facebook, Serius ?

Berdasarkan situs resminya yaitu ketix.id, aplikasi ini berfokus pada bisnis buku yang memudahkan para penulis buku maupun e-book untuk memabagikan hasil karya tulisnya kepada para pembaca. Tersedia juga fitur chat room, tixseries, tixcoin, level & badge, tixlive, dan tixchat.

Apabila diperhatikan, fitur-fitur yang ada bisa membackup beberapa fungsi dari berbagai aplikasi yang sudah pernah kita gunakan selama ini. Seperti fitur TixChat, membackup aplikasi Whatsapp, Messangger, Line, dan OtuChat. Sedangkan fitur Tixlive, membackup aplikasi live Facebook, Live Instagram, dan Live Youtube.

Ketix Termasuk Media Sosial kah?

Penulis mencoba berdiskusi singkat dengan mas Farid Nugroho tentang seperti apa itu media sosial. Ada beberapa kesimpulan akhir dari diskusi tersebut. Media sosial sejatinya suatu media yang mendukung pengguna untuk saling berinteraksi satu sama lain. Masih ingat dengan Koprol? ya.. Koprol milik Indonesia yang segmennya untuk ngobrol diruang lingkup kota atau sekitar lokasi pengguna (mengandalkan fungsi lokasi pengguna).

Muxlim.com juga mirip dengan Facebook namun dengan segmen nya menargetkan kaum umat muslim. Bedalagi dengan Goodreads.com yang segmennya di bidang buku artinya pengguna dari penulis dan pembaca buku. Masih ingat SalingSapa.com, segmen awalnya untuk orang Indonesia dengan model seperti Facebook. Namun sekarang sudah mulai mengarah sebagai media sharing kajian (ilmu agama).

Blogger dan media sosial sebenarnya memiliki keterkaitan, kenapa? blogger/blog seperti blogspot.com/wordpress.com memiliki postingan yang panjang sebagai status dan pengguna bisa berinteraksi melalui kotak komentar. Ada juga Microblog yaitu Twitter, memiliki postingan sedikit sebagai status dan ini juga termasuk media sosial dengan segmennya luas seperti Facebook.

Baca juga !
Berapa Jumlah Formasi Lowongan CPNS Yang Dibuka Tahun 2019 ?

Bagaimana dengan Ketix.id ? melihat fitur-fitur yang tersedia maka segmen-nya mirip dengan Goodreads.com yaitu untuk para pembaca dan penulis buku. Kita bisa lihat nanti perkembangan terbaru dari Ketix.id apakah bisa seperti Facebook yang segmennya bukan harus sebagai pembaca buku namun, semua orang bisa walau hanya sekedar menulis/sharing 1-2 kalimat tentang keadaan dirinya.

Goodreads.com merupakan saingan Ketix.id bukan Facebook, itu pendapat kami karena segmennya lebih ke pembaca dan penulis buku. Bagaimana pendapat Anda? Ketik di komentar ya, karena mungkin penulis bisa saja kekurangan Informasi tentang Ketix.id sehingga kurang tepat dalam berkesimpulan.

Referensi:
Republika, Tribunnews, dan Ketix (termasuk thumbnails).

Tags: #Billionaire Store #Buku Bisnis #Dewa Eka Prayoga #Facebook Ditutup #Goodreads #Ketix.id #Koprol #Media Sosial #SalingSapa

author
Penulis: 
Menulis untuk berbagi, berbagi untuk ibadah.
No related post!

Tinggalkan pesan "Aplikasi Ketix Ganti Facebook, Serius ?"

Baca Juga×

Top