Ternyata Ada Tiga Jenis Lisensi Windows 10, Tau Apa Aja?

In Microsoft, Windows 10 385 views

Sejak kapan sih sahabat mengenal komputer ? dan sejak kapan mengenail yang namanya ‘Windows’ ?. Hmhm… kalau penulis sih, sejak masa sekolah tingkat pertama atau SLTP. Saat itu kenalnya Microsoft Word dan Excel. Itupun, kenalnya sebagai aplikasi buat dokumen dan hitung-hintung. Mulai meranjak ke sekolah menengah atas, penulis mulai kenal dengan Windows. Saat itu Windows Millennium. Namun seiring waktu, mulai deh kenal Windows XP, Vista, Windows 7, Windows 8 dan Windows 10. Jangan lupa share pengalaman sahabat dikolom komentar ya.

Linsensi produk memang perlu dimiliki oleh seoarang pengguna seperti pengguna perangkat lunak. Hal itu sebagai bukti penggunaan perangkat lunak secara legal. Selain itu, pemakaian lisensi yang original memberikan kesan bahwa kita menghargai karya sipembuat perangkat lunak. Sama halnya dengan perangka lunak Microsoft Windows 10, memiliki lisensi original.

Tau gak sih ?

Ternyata, lisensi perangkat lunak Windows 10 juga memiliki jenis-jenis lisensi. Setidaknya, ada tiga jenis lisensi yang tersebar selama ini. Jenis lisensi Sistem Operasi Windows 10 yaitu OEM, Retail, dan Volume.

Lisensi OEM (Original Equipment Manufacture)

Jenis lisensi ini berasal dari vendor asli komputer/laptop kita. Ingat ya, ketika beli komputer dan sudah tersedia langsung sistem operasi Windows maka itu dipastikan lisensi nya OEM. Namun, pastikan Windows nya buka di instal oleh penjaga toko tempat beli komputer. Sahabat bisa menanyakan ke penjaga toko, apakah komputer yang mau dibeli berlisensi OEM atau Retail ?. Jika penjaganya kebingunan maka gunakan pertanyaan ini : apakah nantik komputer saya ini akan bapak/mas install lagi ? jika jawabannya ‘iya’ maka itu dipastikan sahabat tidak mendapatkan lisensi OEM.

Apasih kelebihan jenis lisensi OEM?

  • Tidak perlu uang tambahan, karena biaya nya sudah termasuk didalam harga saat sahabat beli komputer.
  • Tersedianya recovery asli pada komputer sehingga jika bermasalah pada Windows, maka sahabat bisa melakukan recovery tanpa kehilangan lisensinya. Tapi ingat, pindahkan data-data penting ke harddisk lain sebelum recovery.
  • Tersedia stiker logo Windows 10. stiker ini biasanya ditempat dibagian atas samping touch pach (laptop) atau di CPU jika komputer.
  • Tersedia stiker produk key atau kode lisensi original yang ditempel dibagian bawah laptop atau di CPU komputer.

Apasih kekurangan jenis lisensi OEM?

  • Apabila mendapat kerusakan, maka kita tidak bisa minta bantuan kepada Microsoft. Kita hanya bisa komplain kepada pihak vendor komputer.
  • Lisensi atau produk key tidak dapat dipindahkan ke komputer baru, meskipun di komputer lama sudah dihapus. Lisensi ini merupakan jenis lisensi yang ditanamkan pada hardware, sehingga tidak bisa dipindahkan ke komputer/hardware lain.
  • Lisensi hanya bisa digunakan pada satu komputer yaitu komputer pertama kali. Komputer bisa di install beberapa kali dengan lisensi yang sama.

Lisensi Retail (Full Packaged Product)

Lisensi ini mudah dicari dan banyak beredar di pasaran. Lisensi ini dapat dibeli di Microsoft Store atau toko yang menjual lisensi Windows seacra resmi. Misalnya, beli di Toko ZC tetang lisensi Jual Lisensi Miscrosoft 10 Professional Original Retail. Lisensi ini berupa Dus/Box yang berisi Disk/Master Windows, buku panduan, dan stiker produk key/lisensi. Apabila sahat membeli online, maka hanya mendapatkan disk/Master Windows dan stiker yang berisi produk key/lisensi.

Apa kelebihan lisensi retail?

  • Mendapatkan live support sepenuhnya langsung dari Microsoft
  • Lisensi dapat dipindahkan ke komputer lain, dengan syarat lisensi yang dikomputer lama harus dihapus terlebih dahulu.
  • Tersedia stiker produk key atau kode lisensi original yang dapat ditempel dibagian bawah laptop atau di CPU komputer.

Apa kekurangan lisensi retail?

  • Terkadang tidak mendapatkan stiker logo Windows 10, karena biasanya yang dijual hanya lisensi saja.

Lisensi Volume

Lisensi ini sering digunakan oleh perusahaan karena dapat digunakan untuk banyak komputer walau satu lisensi/produk key saja. Hal ini mengingat suatu perusahan mempunyai banyak komputer, sehingga akan terlalu banyak biaya yang dikeluarkan jika membeli lisensi retail atau OEM.

Apa kelebihan lisensi Volume?

  • Lebih irit dalam biaya yang dikeluarkan.
  • Satu lisensi dapat digunakan untuk banyak komputer.

Apa kekurangan lisensi volume?

  • Hanya diperuntuhkan untuk perusahaan atau pebisnis. Meskipun kemungkinan ada yang membeli secara pribadi maka itu kurang baik.

Cara Cek Jenis Lisensi Komputer

Sahabat masih bingung? bingung tentang lisensi yang digunakan saat ini? yuk ikuti langkah berikut untuk melihat jenis lisensi yang digunakan saat ini.

Pengecekan jenis lisensi Windows dapat dilakukan dengan cara berikut ini:

  • Klik menu start
  • Ketik ‘cmd‘.
  • Klik kanan aplikasi Command Prompt/cmd dan pilih Run as administrator.
  • Selanjutnya, pada aplikas Command Prompt. Ketik ‘slmgr.vbs /dli
  • Maka akan muncul tampilan baru yang berisi informasi jenis lisensi Windows sahabat. Contohnya bisa lihat Gambar 1 sampai Gambar 3.

Sekian informasi tentang lisensi Windows 10 dan jangan lupa tinggalkan komentar serta bagikan kepada teman-teman yang lainnya.

https-www.zonacerdas.net-ternyata-ada-tiga-jenis-lisensi-windows-sepuluh-tau-apa-aja-oem
Gambar 1. Contoh Lisensi OEM.
Sumber : Penulis.
Gambar 2. Contoh Lisensi Retail.
Sumber : winpoin.com
Gambar 3. Contoh Lisensi Volume.
Sumber : https://disqus.com/by/Ceo4Kau/

Referensi:
Materi dari winpoin.com dan bagitekno.net. Sedangkan thumbnail dari winpoin.com.

Tags: #Jual Lisensi Windows 10 #Lisensi Original #Lisensi Windows 10 Professional #OEM #Retail #Volume #Windows 10 #Windows Ten

author
Author: 
Menulis untuk berbagi, berbagi untuk ibadah.
No related post!

Leave a reply "Ternyata Ada Tiga Jenis Lisensi Windows 10, Tau Apa Aja?"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Must read×

Top