Cara Bagikan Jaringan HP Lewat Kabel USB

  • Whatsapp
Cara Bagikan Jaringan HP Lewat Kabel USB
Cara Bagikan Jaringan HP Lewat Kabel USB
Iklan - Banner Before Content

Saat ini, penggunaan internet sudah mulai beralih dari penggunaan modem USB kepada HP atau smartphone. Hal itu dikarenakan kemudahan dan efisiensi dari satu barang bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Pada umum nya berbagi jaringan HP dilakukan lewat WIFI atau populer dengan sebutan Hotspot. Fasilitas ini memungkinkan jaringan HP bisa digunakan oleh banyak device (laptop/HP) sekaligus.

Penggunaan WIFI sebagai media berbagi jaringan internet tidak selamanya berjalan dengan baik. Salah satu masalah yang sering terjadi yaitu jaringan internet yang dibagikan sering limited access. Apabila WIFI sudah limited access, maka internet akan terputus dan tidak bisa digunakan. Masalah ini terjadi secara tiba-tiba dan akan hilang atau normal setelah 1-2 menit. Pengguna akan merasa jengkel apabila jaringan internetnya sering putus nyambung.

Permasalah ini sebenarnya terjadi akibat security dari penerima Hotspot misalnya komputer/laptop. Apabila securitynya sudah dilonggarkan atau di setting, maka akan kembali normal.

Namun, pada postingan ini penulis tidak membahas hal tersebut. Penulis membahas solusi lain dari cara mengatasi WIFI limited access yaitu dengan membagikan jaringan internet HP lewat kabel USB.

Langkah Bagikan Jaringan HP Lewat Kabel USB

Penulis menggunakan Smartphone Redmi 8A dengan MIUI Global 11.0.2 dengan Android 10. Bagi Anda yang berbeda smartphone dan OS nya bisa mengesuaikan. Pada umum nya letak menu setting hampir-hampir sama dan penulisan menu nya juga hampir-hampir sama. Sedangkan komputer/laptop penulis menggunakan sistem operasi Windows 7. Silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  1. Silahkan sambungkan (colokkan) kabel USB ke port smartphone dan ke port USB komputer/laptop Anda.
  2. Pada smartphone Anda, buka menu Setelan (Settings).
  3. Pilih menu Hotspot portabel.
  4. Pilih (sentuh layar) tulisan Tethering USB sehingga tanda on/off menjadi berwarna (biru). Lihat gambar 1
  5. Silahkan lihat pada komputer/laptop Anda. Tunggu sejenak hingga icon jaringan internet berupa seperti icon monitor dengan kabel. Lihat gambar 2 dan gambar 3
  6. Selesai.
Tanda on/off Tethering USB
Gambar 1. Tanda on/off Tethering USB

Sebelum

Gambar 2

Sesudah

Gambar 3

Penggunaaan Kabel USB lebih nyaman dalam berbagi jaringan internet. Namun memiliki kekurangan yaitu penerima jaringan HP hanya bisa satu device saja. Selain itu, port rentan rusak karena terlalu sering digunakan. Saran penulis, apabila jaringan hanya untuk pemakaian pribadi maka gunakan kabel saja. Tetapi jika untuk banyak device (orang) maka gunakan WIFI (Hotspot). Penggunaan kabel lebih aman dari pencurian jaringan oleh pihak-pihak tertentu. Sedangkan Hotspot rentan di susupi oleh orang tak dikenal.

GRATIS Template Undangan Pernikahan PPT

Related posts

After Related Posts After Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.