Mata UMKM Riau 2021 Dibuka Hari Ini | Anggaran RP 25 Miliar | Bantuan UMKM Cair Rp 2,4 Juta

  • Whatsapp
()

mataumkm.riau.go.id telah berhasil mencatat ribuan UMKM di provinsi Riau pada tahun 2020. Setidaknya ada 273.106 IKM & UMKM di provinsi Riau. Selama pandemi banyak UMKM yang terkena dampak. Bantuan Rp 2,4 juta sudah disalurkan di setiap pelaku usaha yang sudah dinyatakan sebagai penerima bantuan UMKM. Pertanggal Selasa, 20 April 2020 website Mata UMKM Riau sudah membuka formulir pendaftaran UMKM secara online.

Mendaftarkan usaha di website Mata UMKM Riau terbilang mudah. Pelaku usaha Cukup mengisi formulir online di website. Ada empat hal yang harus di isi formulir yaitu data profesi, data diri pelaku usaha, data rekening bank dan data brand usaha. Pendataan hanya berlaku untuk UMKM yang beroperasi dan berada di wilayah provinsi Riau.

Laman website Mata UMKM Riau, diambil pada tanggal 20 April 2020 pukul 14:59 wib.

Langkah Daftar Di Mata UMKM Riau

#1 Mengunjungi website resmi yaitu https://mataumkm.riau.go.id/registrasi

#2 Mengisi formulir secara online

#3 Isian pertama ialah tentang status pelaku apakah sebagai PNS/TNI/PORLI/Pegawai BUMN/BUMD.

#4 Isian kedua ialah mengisi data diri berupa nomor NIK, nomor KK, nama lengkap, foto KTP dan alamat tinggal.

#5 Isian ketiga yaitu tentang data rekening bank berupa nomor rekening, nama bank, saldo terakhir dan foto bukti saldo terakhir.

#6 Isian keempat mengenai data usaha seperti alamat usaha, nama usaha, kapan didirikannya dan surat-surat izin usaha.

Dilansir dari Media Center Riau, bahwa sekitar Rp 25 Miliar akan dianggarkan lagi pada tahun 2021 untuk bantuan UMKM. Hal itu disampaikan oleh bapak Asrizal selaku Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (DPPK UKM). Bantuan sebesar Rp 2,4 Juta dan ini merupakan anggaran dari APBD Riau.

Bantuan UMKM kali ini difokuskan untuk yang belum mendapatkan bantuan UMKM dari pusat (dana APBN). Jadi, bantuan Rp 2,4 Juta dari APBD Riau tidak akan diberikan lagi kepada pelaku usaha yang sudah pernah dapat bantuan UMKM tahun lalu.

Tahun 2020 pemerintahan Riau, sudah mulai membantu UMKM untuk bertahan dimasa pandemi. Dikutip dari Republika, pemerintah tahun lalu membantu UMKM dengan cara menyediakan bahan baku dan peralatan bagi pelaku usaha. Ada 273.106 unit IKM dan UMKM yang menjadi sasaran pemerintahan Riau.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.