Jowoki Serukan Beli Oleh-Oleh Babi Panggang, Netizen Panas!!!

  • Whatsapp
()

Hari ini Indonesia gempar dengan isu pemerintah yang mensosialisasikan untuk membeli Babi Panggang sebagai Oleh-Oleh. Hal ini kontra dengan kondisi di Indonesia yaitu mayoritas masyarakat beragama Islam dan masyarakat dilarang mudik oleh pemerintahan jokowi. Tentu menjadi hal aneh kenapa harus beli Oleh-Oleh disaat dilarang mudik.

Dilansir dari PikiranRakyat, video Jokowi menyebutkan Bipang Ambawang dapat dijadikan Oleh-Oleh pengganti mudik. Video tersebut tersebar dimedia sosial dan menjadi viral. Dikutip dari Detik, Bipang Ambawang ternyata merupakan makanan khas Kalimantan Barat yang terbuat dari Babi. Bipang yang berkepanjangan Babi Panggang ini, dikatakan menjadi makanan yang di endorse oleh Jokowi untuk dijadikan makanan saat lebaran. Hal tersebut mendapat kontra dari masyarakat.

Sumber : Bipang Ambawang

Melihat berita ini viral, Jubir Jokowi memberi klarifikasi bahwa Bipang Ambawang yang dimaksud Jokowi ialah Jipang yang olahannya terbuat dari Beras. Namun klarifikasi tersebut dibantah oleh netizen, bahwa jelas Bipang yang dimaksud Jokowi adalah Babi Panggang.

“Di video itu yang disebut BIPANG AMBAWANG dari Kalimantan. Spesifik. Yang adalah babi panggang. Bipang berbahan beras itu dalam bahasa Banjar kita sebut “walatih”  atau “walatih bepang”. Saran saya kalau harus ada juga cemilan Kalimantan disebut, pilih DODOL KANDANGAN,” ujar akun twitter @jurubaca.

Tweet tersebut merupakan balasan dari tweet Jubir Jokowi yang mencoba membuat pernyataan klarifikasi.

Bipang Ambawang yang merupakan sebuah merek/brand yang telah terdaftar pada September 2020, dikabarkan juga menjual keripik kentang, keripik sayur dan olahan daging sapi. Namun, tetap diragukan kehalalan nya karena dimungkinkan alat masak sudah tercampur/dipakai untuk olahan babi juga.

Sebagian masyarakat meragukan makanan yang diolah dengan alat masak yang digunakan juga untuk mengolah makanan haram. Dikutip dari Al hasana dan Republika bahwa pengolahan makanan yang terkontaminasi oleh alat masak makanan haram, maka makanan tersebut menjadi haram.

Pidato Jokowi yang viral tersebut merupakan video saat acara Penetapan Hari Bangga Buatan Nusantara 05 Mei 2021 di Kementerian Perdagangan. Hal tersebut menjadi viral karena:

  1. Momen saat ini adalah momen mudik yang sangat identik dengan Agama Islam.
  2. Jokowi memulai pidato dengan membahas kata “Lebaran” sehingga semakin menjerumus untuk masyarakat muslim.
  3. Jokowi menyebut langsung makanan “Bipang Ambawang”, padahal narasi dari awal menyangkut umat Islam.
  4. Ada yang mengetahui tentang Bipang Ambawang dan kemudian memviralkan nya di media sosial. Selanjutnya masuk ke media masa.

Penasaran dengan video Jokowi tentang Oleh-Oleh Babi Panggang Bipang Ambawang?

Thumbnails dari Bipang Ambawang dan Merdeka.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.