Segera Isi Survei Lingkungan Belajar, Bapak Ibu Guru Besok Hari Terakhir Asesmen!!

  • Whatsapp
Segera Isi Survei Lingkungan Belajar, Bapak Ibu Guru Besok Hari Terakhir Asesmen!!
Segera Isi Survei Lingkungan Belajar, Bapak Ibu Guru Besok Hari Terakhir Asesmen!!
Iklan - Banner Before Content
()

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi atau Kemendikbudristek) telah melakukan program asesmen dalam bentuk survei terhadap Kepala Satuan Pendidikan dan Guru. Asesmen Nasional dilakukan dengan cara pengisian Survei Lingkungan Belajar oleh Kepala Satuan Pendidikan dan Guru. Hanya yang terdaftar pada sistem pendataan Dapodik dan Emis saja yang bisa mengisi survei ini.

Survei yang dilakukan di website kemdikbud.go.id ini bertujuan untuk memotret aspek-aspek yang terkait dengan kegiatan belajar dikelas dan lingkungan satuan pendidikan. Kemdikbud berharap seluruh Kepala Satuan Pendidikan dan Guru, mengisi survei dengan jujur, aktif dan lengkap. Hal itu bertujuan agar kualitas informasi yang diterima satuan pendidikan menjadi bagus.

Proses survei dimulai dengan para protokor/operator sekolah mencetak Kartu Login SLB melalui website https://dashboardslb.kemdikbud.go.id/. Setelah Kepala Satuan Pendidikan dan Guru mendapatkan Kartu Login SLB, baru bisa mengisi survei di website https://surveilingkunganbelajar.kemdikbud.go.id/login.

Berita Terbaru:

Ada empat hal yang harus dipersiapkan saat masuk/login untuk mengisi survei, yaitu Nomor Kepala Sekolah Nasional (NPSN), Token, NIK dan Tanggal Lahir. Dilansi dari Pintek, NPSN merupakan kode standar untuk mengidenfitikasi satuan pendidikan (Sekolah). Kode ini bersifat unik sehingga berbeda antara satu sekolah dengan sekolah lainnya. Kode NPSN terdiri dari delapan digit kode unik.

Seorang Guru dapat mengisi survei lebih dari satu kali, apabila Guru tersebut bertugas di lebih satu satuan pendidikan (Sekolah). Setiap Guru yang mengalami kesulitan dalam mengisi Survei Lingkungan Belajar, dapat berkonsultasi dengan protokor/operator sekolah. Sedangkan protokor/operator sekolah akan berkonsultasi denga pihak tim heldesk Asesmen Nasional.

Hari Terakhir Asesmen Nasional Guru

Jadwal mengisisi Survei Lingkungan Belajar dibentuk dalam gelombang-gelombang waktu. Ada empat gelombang waktu pengisian survei. Dikutip dari Tirto, Ada tiga instrumen yang digunakan dalam Asesmen Nasional ini, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum atau AKM, Survei Karakter dan Survei Lingkungan Belajar.

Untuk tahun ini, tepatnya di akhir tahun 2021. Kemdibud menggunakan instrumen Survei Lingkungan Belajar. Asesmen ditujukan untuk Sekolah Dasar, Madrasah Ibtidaiyah, Paket A dan sekolah yang sederajat. Berikut jadwal Asesmen Nasional Survei Lingkungan Belajar:

  • Gelombang I : Senin-Kamis, 15-18 November 2021
  • Gelombang II : Senin-Kamis, 15-18 November 2021
  • Gelombang III : Senin-Kamis, 22-25 November 2021
  • Gelombang IV : Senin-Kamis, 22-25 November 2021

Berdasarkan informasi diatas, maka besok hari Kamis tangal 25 November 2021 merupakan hari terakhir bagi Bapak Ibuk Guru untuk mengisi Survei Lingkungan Belajar.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.