Waspada Penipuan Modus Undangan Pernikahan di WhatsApp, Jangan Klik atau Install APK

0
(0)

Penipu online tersebut mengirim undangan pernikahan digital melalui WhatsApp atau WA. Alih-alih menampilkan rincian undangan dalam bentuk file APK. Sebagaima kita ketahui bersama, bahwa APK ini merupakan file format untuk menginstall suatu aplikasi.

Penipu sengaja mengirim file dengan nama Undangan Pernilkahan.apk sehingga ketika korban mengklik file ini, akan langsung menginstallnya. Ketika sudah terinstall, otomatis Whatsapp korban akan menjadi milik si penipu dan seluruh m-banking di Handphone korban akan diakses dan dikuras saldo m-banking hingga habis.

Selain menguras m-banking si korban, penipu akan menggunakan Whatsapp korban untuk menghubungi kontak-kontak Whatsapp korban dan meminta sejumlah uang mengatasnamakan si korban. Penipu akan berpura-pura sebagai korban untuk meminjamkan sejumlah uang. Hal ini telah banyak terjadi di kalangan masyarakat.

Langkah Menghindari dan Mengatasi Penipuan Undangan Pernikahan Whatsapp

Untuk menghindari file Undangan Pernikahan.apk tersebut otomatis tersimpan di Handphone kita. Maka matikan fitur Unduh otomatis media yang terletak di menu Setelan > Penyimpanan dan data > Unduh otomatis media. Ada tiga kondisi pengaturan yaitu Saat menggunakan data seluler, Saat terhubung ke Wi-Fi dan Saat roaming. Hapus semua centang pada media di ketiga kondisi pengaturan seperti gambar dibawah ini. Setelah itu klik tombol OKE. Mulai saat itu, ketika ada kiriman gambar/video/file dari kontak Whatsapp teman/orang, tidak akan otomatis ada di handphone kita kecuali kita klik gambar/video/file tersebut di Whatsapp.

Aktifkan segera fitur Verfikasi dua langkah yang terdapat di menu Setelan > Akun > Verifikasi dua langkah. Hal ini akan menyulitkan si Penipu karena Whatsapp kita memiliki PIN untuk akses Whatsapp dan si Penipu tidak akan bisa akses Whatsapp.

Whatsapp Telah Dibajak, Harus Lakukan Apa ?

Ketika Whatsapp kita telah dibajak atau diambil alih oleh sipenipu, maka lakukan hal berikut :

  1. Melapor ke Grapari (bagi nomor Whatsapp menggunakan telkomsel) bahwa nomor Whatsapp kita telah di bajak. Nanti pihak Grapari akan melakukan laporan ke Whatsapp untuk mematikan Whatsapp kita.
  2. Melapor ke Pihak polisi untuk mendapatkan surat bahwa nomor Whatsapp kita sudah dibajak sehingga kita tidak bertanggung jawab atas segala sesuatu yang dilakukan oleh nomor Whatsapp itu lagi.
  3. Apabila ada dihandphone terintall m-banking, maka segera ke kantor bank untuk melaporkan dan mematikan semua akses m-banking atau sms-banking.
  4. Datang ke service handphone untuk melakukan install ulang handphone agar semua jebakan/script/code/apk yang dipasang oleh penipu terhapus di handphone kita.
  5. Meminta kepada teman untuk mengeluarkan Whatsapp kita dari grup-grup yang pernah kita ikuti/masuk.
  6. Meminta kepada teman untuk menginformasikan kepada yang lain kalau Whatsapp kita telah dibajak/diambil alih.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Related posts