Cara Transfer Data Google Drive Ratusan Giga Ke Akun Lain Tanpa Habisin Kouta Internet | Cuma Beberapa Menit Saja!!!

  • Whatsapp
()

Berawal dari pemberitahuan pembatasan/limit terhadap akun e-mail penulis, maka mulai lah bingung untuk selamat data di Google Drive. Akun yang terkena limit ini, awalnya memiliki penyimpanan hingga 10 Terabytes. Namun karena suatu hal, maka kapasitas penyimpanan dimungkinkan menjadi normal (sebesar 15 Gigabytes).

Kapasitas penggunaan yang sudah lebih dari ratusan Gigabytes, membuat penulis mikir dua kali untuk mendownload semua data tersebut. Mendownload ratusan Gigabytes akan membutuhkan kouta internet yang banyak dan kecepatan internet stabil. Beruntung nya, penulis masih memiliki akun lain yang kapasitas nya hingga 5 Terabytes.

Read More

Akhirnya, penulis memiliki rencana untuk memindahkan data dari akun pertama ke akun cadangan. Ternyata, pihak Google telah menyedian fitur untuk memindahkan data antar akun. Hal ini tentunya membuat rencana penulis terwujud.

Berikut ini, penulis merekap langkah-langkah untuk mentransfer/memindahkan data di Google Drive ke akun lain. Akun pertama selanjutnya disebut dengan Akun Pengirim, sedangkan Akun cadangan disebut dengan Akun Penerima. Proses ini dilakukan melalui ponsel Android dan bantuan aplikasi Google Drive yang telah terpasang di ponsel.

Langkah pertama, pastikan kedua akun (Pengirim dan Penerima) sudah terhubung di Google Drive ponsel. Silahkan buka aplikasi Google Drive. Klik icon/foto Profil Akun Pengirim. Kemudian klik tombol bertulisan “Kelola Akun Google Anda”. Pada tampilan baru, carilah bagian tentang Transfer Konten Anda. Selanjutnya, klik tulisan “Mulai transfer”.

Gambar 1. Buka Aplikasi Google Drive.

Gambar 2. Klik icon/foto profil Akun Pengirim.

Gambar 3 klik tombol bertulisan “Kelola Akun Google Anda”

Gambar 4. Isi E-mail dan klik tulisan “Mulai transfer”.

Langkah kedua, kita akan melihat tampilan baru yang meminta untuk masuk/login ke akun. Silahkan masuk/login ke Akun Pengirim. Setelah berhasil, maka akan terlihat halaman transfer data. Setidaknya ada tiga tahap dalam proses transfer data ini. Tahap pertama, kita harus memasukkan e-mail Akun Penerima. Kemudian, klik tombol “KIRIM KODE” .

Gambar 5. Masukkan e-mail Akun Penerima dan klik tombol “KIRIM CODE”.

Langka ketiga, silahkan cek e-mail Akun Penerima. Buka pesan baru dari Google dan klik tombol “Dapatkan kode konfirmasi”. Pada halaman baru, silahkan salin kode konfirmasi nya dan klik tombol “CONTINUE”. Akan muncul halaman baru, jika kita diminta masuk/login ulang maka silahkan masuk ke Akun Pengirim. Setelah berhasil login, maka akan kembali ke halaman 3 tahap transfer data tadi. Sekarang, kita masukkan/paste/tempel kode konfirmasi ke kotak nya dan klik tombol “VERIFY”.

Gambar 6. Klik tombol “Dapatkan kode konfirmasi”.

Gambar 7. Salin kode konfirmasi dan klik tombol “CONTINUE”.

Gambar 8. Tempel kode konfirmasi dan klik tombol “VERIFY”.

Langkah keempat, pada halaman baru akan terlihat bagian/produk data yang bisa dipindahkan. Ada dua produk data yaitu Google Drive dan E-mail. Setelah dipilih produk data nya, maka klik tombol “START TRANSFER”.Kita akan dialihkan ke halaman baru yang mengatakan pengaturan transfer data sudah selesai.

Gambar 9. Klik tombol “START TRANSFER”.

Gambar 10. Pengaturan transfer data selesai.

Langkah kelima, pada halaman sebelumnya akan terdapat tulisan “VIEW HISTORY”. Silahkan klik tombol tersebut. Akan terlihat informasi bahwa transfer data sedang dalam proses. Cek e-mail Akun Penerima. Lihat pesan baru masuk dari Google. Pada pesan tersebut mengatakan proses transfer membutuhkan waktu hingga seminggu. Jika proses selesai maka kita akan mendapatkan e-mail baru dari pihak Google.

Gambar 11. Transfer data sedang diproses.

Gambar 12. E-mail dari Google.

Langkah terakhir, kita bisa melihat data yang telah di transfer. Silahkan buka aplikasi Google Drive dan didalam nya ada folder baru yang bernama e-mail Akun Pengirim. Pada folder baru itulah data kita berada.

Gambar 13. Tampilan Google Drive di Akun Penerima.

Sekian sedikit tutorial cara memindahkan data di Google Drive ke akun lain. Semoga bermanfaat dan pastika bahwa kapasitas penyimpanan Google Drive akun Penerima lebih besar dibanding data yang mau ditransfer.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.